Jawaban Istikharah Melalui Mimpi? Baca Ini

istikharah

Istikharah secara bahasa bermakna meminta untuk di ‘pilihkan’. Sementara secara istilah Istikharah adalah shalat yang dikerjakan seorang hamba agar diberikan petunjuk untuk menentukan suatu pilihan.

Biasanya shalat ini dikerjakan ketika seseorang dihadapakan dengan beberapa pilihan dan kemudian ia kebingungan karena pilihan-pilihan yang ada sama bagusnya. Misalnya seperti kebingungan dalam menentukan pilihan untuk menikah dengan siapa, atau memilih pekerjaan dan lainnya.

Doa Istikharah

اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ خَيْرٌ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاقْدُرْهُ لِى وَيَسِّرْهُ لِى ثُمَّ بَارِكْ لِى فِيهِ ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الأَمْرَ شَرٌّ لِى فِى دِينِى وَمَعَاشِى وَعَاقِبَةِ أَمْرِى – أَوْ قَالَ فِى عَاجِلِ أَمْرِى وَآجِلِهِ – فَاصْرِفْهُ عَنِّى وَاصْرِفْنِى عَنْهُ

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusan dunia dan akhiratku, (atau baik bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku), maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku (atau jelek bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya.

Setelah membaca do’a ini kemudian dia menyebutkan keinginannya.

Jawaban Istikharah

Sebenarnya jawaban istikharah seseorang bisa diketahui mealalui lafal doa istikharah yang diajarkan oleh rasulullah sallahu ‘alaihi wasalam sebagaimana yang telah anda baca di atas.

1. Kemudahan Yang Di Dapat Dalam Proses Mewujudkan Suatu Pilihan

Tanda tanda bahwa Allah telah menjawab do’a istikharah anda adalah ketika anda dimudahkan dalam mewujudkan pilihan anda. semisal anda ingin mencoba untuk berdagang tapi anda masih ragu. Kemudian anda beristikharah kepada Allah apakah pilihan yang anda ambil ini baik atau tidak.

Lalu setelah anda beristikharah, Allah mudahkan anda dalam proses mewujudkan pilihan anda. Seperti Allah membukakan pikiran anda sehingga munculah ide-ide kreatif yang membantu anda dalam berniaga. Seperti Allah mudahkan anda dalam mendapatkan modal dam lain-lainnya.

2. Kelapangan Dada Atau Ketentraman Jiwa, Untuk Condong Pada Suatu Pilihan.

Seperti misalnya anda dilamar oleh seseorang namun anda bingung apakah dia adalah orang yang baik untuk anda atau tidak. Dan apakah anda harus menerima atau menolaknya. Kemudian anda beristikharah kepada Allah, dan beberapa hari kemudian anda sering mendengar kabar tentang kebaikan orang tersebut, dan detik demi detik menit demi menit hati anda semakin tentram, tenang dan anda lebih condong untuk menerimanya ketimbang menolaknya.

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah dalam kitabnya al-Majmu’ al-Fatawa berkata:

فإذا استخار الله كان ما شرح له صدره وتيسّر له من الأمور هو الذي اختاره الله له.

“Bila seorang telah melaksanakan shalat istikharah, pilihan yang menentramkan hati dan kemudahan yang ia dapatkan dalam mewujudkan pilihan tersebut, maka itulah yang menjadi pilihan Allah untuknya.”

Jawaban Istikharah Lewat Mimpi?

Selama ini banyak orang yang berasumsi bahwa jawaban istikharah adalah melalui mimpi. Misalnya seperti sering memimpikan sesuatu, maka kemudian di ambil kesimpulan bahwa sesuatu yang sering dilihat dalam mimpinya itu adalah jawaban dari istikharahnya.

Tidak salah memang, dan mungkin untuk terjadi. Akan tetapi membatasi jawaban istikharah hanya melalui mimpi adalah tidak tepat. Alasannya karena mimpi sendiri tidak semuanya benar.

Rasulullah sallalahu ‘alaihi wasalam bersabda :

الرؤيا ثلاث حديث النفس وتخويف الشيطان وبشرى من الله

“Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.”

Bisikan Hati

maksudnya adalah terkadang seseorang memikirkan sesuatu ketika sadar. Karena terlalu serius memikirkan, sampai terbawa mimpi. Seperti ketika sebelum tidur anda terlalu serius menonton film horor hingga akhirnya terbawa mimpi, dan itulah bisikan hati.

Ditakuti Setan

maksudnya adalah mimpi itu datang dari syaithan. Bentuknya bisa berupa mimpi basah atau mimpi yang menakutkan. Maka dari itu bisa saja mimpi yang kita anggap jawaban dari istikharah merupakan mimpi yang datang dari syaithan.

Kabar Gembira Dari Allah

Jenis mimpi yang ketiga adalah kabar gembira dari Allah. Mimpi ini adalah mimpi yang berisi sesuatu yang baik dan menggembirakan kaum muslimin. Biasanya mimpi ini adalah mimpi yang di alami oleh para nabi dan rasul.

Jadi dari 3 mimpi di atas, kita tidak tau apakah mimpi kita adalah bisikan hati, atau datang dari syaithan, atau itu adalah mimpi dari Allah. Jadi membatasi jawaban istikharah hanya melalui mimpi adalah hal yang keliru.