Apa Itu Hijrah dan Mengapa Orang Berbondong-bondong Mempromosikannya?

Unnamed hijrah
hijrah

Bersyukur kepada Allah SWT, telah memberikan hidayah hijrah kepada kita semua dan kepada siapa-siapa saja yang Allah kehendaki.

Fenomena hijrah semakin menjadi trend

Bagaikan jamur yang tumbuh di kala hujan. Dikalangan muda-mudi bahkan artis sekalipun.

Namun, agaknya ada beberapa hal yang negatif, yang timbul dari orang-orang yang berhijrah tidak berdasarkan bimbingan yang baik, dan jelas. Bagaimana seharusnya, dan apa-apa yang harus dilakukan.

Hingga mengarahkan seseorang seolah sedang memupuk kebaperan. Hijrahnya semakin hari sibuk dengan memikirkan tentang jodoh, kriteria suami yang baik, dll.

Akun media sosial yang mengarahkan kepada jodoh, diikutinya. Ceramah dipilih yang berbicara tentang jodoh. Buku bacaan semua berisikan tentang jodoh. Tontonannya film-film yang menambah khazanah baper. Setiap harinya selalu memikirkan tentang jodoh dan keinginan menikah.

Melihat lelaki tilawah Al-Qur’annya bagus, bape. Melihat laki-laki berjenggot tipis, baper. Melihat laki-laki pandai tausiah, baper. Melihat laki-laki melangkah ke Mesjid, baper. “duhhh pengen deh punya jodoh seperti itu”.

Ketahuilah,

Hijrah seyogiyanya membuat kita semakin anti baper. Hatinya terpikat dengan Allah, setiap harinya terus memperbaiki ubudiyah kepada Allah, memanajemenkan hati tidak terpikat oleh dunia. Jebolan orang-orang yang sudah berhijrah tidak mudah baper, karena mereka tau kepada siapa yang harus dibaperkan.

Sungguh sangat sempit jika hanya bertumpu pada jodoh, maka hijrah kita perlu dipertanyakan. Adakah kita berhijrah karena Allah, ingin mendekatkan diri padanya, dan meminta ampunan terhadap dosa-dosa yang telah kita lakukan di masa lalu.

Ataukah kita hanya karena baper? atau hanya sebatas hijrah luar karena nyaman dengan memakai pakaian demikian? atau hijrah kita karena ingin mendapatkan jodoh?.

Tiliklah pada diri kita masing-masing. Jika setelah hijrah kita semakin basper, maka perlu kita pertanyakan pada diri sendiri. “Adakah Aku Berhijrah Karena Allah.??”

Referensi ust abdulhalim5495

Advocate

Written by Sasjara Era

Content AuthorYears Of Membership