Ciri-Ciri Orang munafik Berdasarkan Al-Qur’an Dan Hadist

Download (10)

Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), munafik artinya bertindak seolah-olah yakin dan taat terhadap sebuah ajaran agama atau yang sejenisnya, namun dalam hatinya memungkiri itu. Atau ia berkata tapi tidak sesuai dengan apa yang dikerjakannya.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Tanda-tanda orang munafik ada tiga: jika berbicara dia berdusta, jika berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah dia berkhianat.” (HR. Al-Bukhari)

Untuk mengenali Lebih lanjut tentang ciri-ciri orang munafik, silahkan baca dibawah ini ya.

1. Dusta

Hati-hati dengan orang yang seperti ini tidak bisa dipercaya dalam setiap perkataannya. Seseorang yang senang berdusta atau berbohong merupakan ciri-ciri orang munafik. karena hal ini merupakan tindakan yang dibenci dalam agama serta merupakan tindakan yang tercela.

2. Bila diberi amanah selalu berkhianat

Khianat merupakan sifat dan perbuatan yang tidak setia ini bertentangan dengan janji yang dibuat, Islam sangat membenci dan melarang bila diberi amanah selalu berkhianat. Orang munafik tidak dapat menjaga amanah dengan baik.

3. Malas beribadah dan riya

Seseorang yang malas dalam untuk beribadah ini juga tergolong dalam golongan orang yang munafik, karena seseorang yang malah beribadah ini menipu Allah. Sifat riya adalah seseorang yang senang memamerkan sesuatu agar dilihat dan mendapatkan pujian dari orang lain ini tentu saja tidak baik yang sangat dibenci oleh Allah ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri orang munafik.

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.”( Surat An-Nisa ayat 142 )

4. Senang melebih-lebihkan

Orang yang snang dengan melebih-lebihkan suatu kejadian dan menyebarkannya merupakan salah satu sifat munafik. Janganlah kamu menyebarkannya dan memperkeruh suasana. Karena bila kamu melakukan hal tersebut, maka kamu termasuk seseorang yang memiliki sifat munafik.

Advocate

Written by Sasjara Era

Content Author