Keistimewaan Menikah Di Bulan Syawal

Menikah di bulan syawal

Menikah di bulan syawal– Menikah adalah salah satu bentuk ibadah mengikuti sunnah Rasulullah. Pemuda-pemudi yang telah siap untuk menikah, maka dianjurkan untuk menyegera berkeluarga tanpa menundanya lagi. 

Kesiapan seseorang untuk menikah tidak hanya dilihat dari usianya, namun juga kesiapan dari segi mental dan biaya.

Bagi Yang Sudah Siap Menikah di Sunnahkan di bulan Syawal

Bagi yang sudah dimudahkan oleh Allah, bisa melaksanakan sunnah ini sebaggai mana Dalil sunnah untuk segera berkeluarga di bulan syawal.

تَزَوَّجَنِي رَسُولُ اللهِ فِي شَوَّالٍ، وَبَنَى بِي فِي شَوَّالٍ، فَأَيُّ نِسَاءِ رَسُولِ اللهِ كَانَ أَحْظَى عِنْدَهُ مِنِّي؟، قَالَ: ((وَكَانَتْ عَائِشَةُ تَسْتَحِبُّ أَنْ تُدْخِلَ نِسَاءَهَا فِي شَوَّالٍ))

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahiku di bulan Syawal, dan membangun rumah tangga denganku pada bulan syawal pula. Maka isteri-isteri Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wassalam yang manakah yang lebih beruntung di sisinya dariku?” (Perawi) berkata, “Aisyah Radiyallahu ‘anhaa dahulu suka menikahkan para wanita di bulan Syawal” (HR. Muslim).

Ibnu Katsir rahimahullah menjelaskan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menikahi ‘Aisyah untuk membantah keyakinan, yang salah sebagian masyarakat yaitu tidak suka menikah di antara dua ‘ied (bulan Syawwal termasuk di antara ‘ied fitri dan ‘idul Adha), mereka khawatir akan terjadi perceraian. Keyakinan ini tidaklah benar.” (Al-Bidayah wan Nihayah, 3/253).

Salah satu tujua Rasulullah menikah di bulan syawal, iyalah untuk menghapus keyakinan dari bangsa Arab Jahiliyah yang berangapan bahwa, menikah di bulan syawal adalah kesialan dan tidak membawa berkah. Oleh sebab itu, dianjurkan kepada kita untuk menikah pada bulan Syawal, sebagai bentuk ibadah menjalankan sunah Nabi Muhammad Shalallahu’alaihi Wassalam.

Hadis dan penjelasan di atas tersebut, dijadikan sebagai anjuran untuk berkeluarga. Penikahkan di bulan Syawal ini, agar mematahkan atau menghilangkah keyakinan serta anggapan sial bangsa Arab, terhadap sesuatu yang bisa menjerumuskan seseorang kepada kesyirikan.

Nah, itulah penjelasan di atas, yang banyak bertanya. Kepada banyak pernikahan dibulan Syawal?, ternya sunnah, memulai ikatan dalam rumah tangga baru di bulan Syawal. Jangan heran lagi ya!

semoga bermafaat.

Referensi muslimah.or.id




Contributor

Written by Sasjara Era

Content AuthorYears Of Membership