Nasehat Islam Untuk Diri Sendiri Yang Wajib Kamu Tau

Img 20180129 wa0012nasehat islam
Nasehat islam

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, walaupun tidak selalu. Ingatlah, apapun kesalahan yang pernah kamu lakukan dimasa silam. Semua itu akan berlalu, kamu harus memperbaikiknya dengan tidak mengulangi kesalahmu tersebut, kita butuh kepada nasehat islam untuk diri sendiri semoga semua kebaikan yang kamu lakukan menjadi berkah bagi dirimu dan orang lain yang berada disekitarmu. Adapun hal yang perlu dilakukan adalah:

Kajian Islam Tentang Nasehat Untuk Diri Sendiri

1. Perbaiki Shalat

Perbuatan lain akan menjadi baik, apa bila shalat sudah baik dan benar sehinga sesaui dngan panutan Al-Qur’an dan Sunnah, sebagaimana sabda Rasulullah.

bila shalatnya baik maka baik pula seluruh amalannya, sebaliknya jika shalatnya rusak maka rusaklah seluruh amalanya.

Jangan selalu merasa puas dengan apa yang kita lakukan, teruslah mencoba sehingga kita mengerti apa sebenarnya tujuan hidup.

2. Tidak Menuruti Hawa Nafsu

Orang terkuat bukanlah pegulat. Tapi, orang yang bisa mengontrol dirinya saat marah. Hadis – Bukhari

Seseorang bisa dikatakan kuat, ketika dia bisa meredam emosi dan tidak menuruti hawa nafsu.

Tentu itu bukan hal yang mudah, tapi bukan berarti mustahil. Jadi, jika ingin menjadi orang yang kuat terhadap diri sendiri, tidak salahnya mencoba untuk menjadi sosok yang kuat, dengan mengurangi emosi dan menjauhi hawa nafsu yang membuat diri kita pada dosa.

3. Mengenal Cinta Allah

Siapapun yang menjadikan Allah hanya Tuhan kita satu – satuN-ya, maka kita takakan pernah terjebak dalam rasa kecewa dan kegelisahan.

Ujian adalah salah satu cara Allah membuat kita lebih dekat denganNya.

Jangan biarkan jiwa menjadi lemah kerana cinta. Tanpa disadari cinta itu kadang-kadang datang tanpa diundang.

Maka persiapkanlah diri dengan iman & ilmu secukupnya, agar diri tidak hanyut dibuai angan & mimpi indah, padahal semua itu langsung tidak menjanjikan kebahagiaan.

Lihatlah cinta denga cara mencintai Allah maka, Allah akan memberikanmu kebahagiaan yang sebenarnya.

4. Menutupi Keburukan Orang Lain

Janganlah kalian mengumpat seorang Muslim dan jangan pula mencari-cari kesalahannya. Sebab siapa saja yang mencari-cari kesalahan orang lain, maka Allah akan mencari-cari kesalahannya. Maka siapa saja yang Allah telah mencari-cari kesalahannya, Allah tetap akan menam paka n kesalahannya meskipun ia ada di dalam rumahnya.” (HR Abu Dawud).

Jika seorang muslim menampakan keburukan orang lain, maka Allah akan menampakan keburukan yang ada pada dirinya. Dan sebaliknya, jika mereka selalu mnghiasi dirinya dengan ketaqwaan, maka Allah akan melimpahkan keberkahan dan akan terpancar cahaya keshalihan atas ada padanya.

5. Jangan Mudah Bergantung kepad orang lain

Jangan terlalu bergantung pada siapapun di dunia ini. Karena bayanganmu saja akan meninggalkanmu di saat gelap.Ibnu Taymiyyah

Manusia lahir seorang diri dan akan menghadap Ilahi sendirian pula. Karena itu, sebaiknya kita harus hidup mandiri. Selain itu agar kita menyusahkan orang lain.

Cukup gunakanlah potensi yang ada didalam diri kita dengan memaksimalkan mungkin. potensi yang kita dimiliki, dan pastinya.

Demikianlah beberapa penjelsan tentang nasehat islam untuk diri sendiri, semoga bermafaat.

Referensi islampost

Contributor

Written by Sasjara Era

Content AuthorYears Of Membership