Waktu-Waktu Yang Cepat Terkabulnya Do’a

Doa nabi adam dan hawa mohon ampunan dan dosa

Kita harus tau bahwa waktu-waktu Berdo’a di yang b tepat dan terkabulnya do’a. usaha dan do’a adalah satu kekuatan dan agar doa kita dikabulkan oleh Allah Ta’ala adalah maka kita harus memanfaatkan waktu-waktu tertentu yang sudah dijanjikan Allah Ta’ala  bahwa doa ketika waktu-waktu tersebut  dikabulkan. Diantara waktu-waktu tersebut adalah:

1. sepertiga malam terakhir

Doa 1

Sepertiga malam yang paling akhir adalah waktu yang penuh berkah, sebab pada saat itu Rabb kita Subhanahu Wa Ta’ala turun ke langit dunia dan mengabulkan setiap doa hamba-Nya yang berdoa ketika itu. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:

ينزل ربنا تبارك وتعالى كل ليلة إلى السماء الدنيا ، حين يبقى ثلث الليل الآخر، يقول : من يدعوني فأستجيب له ، من يسألني فأعطيه ، من يستغفرني فأغفر له

Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni‘” (HR. Bukhari no.1145, Muslim no. 758)

Namun perlu di ingat bahwa, sifat ‘turun’ dalam hadits ini jangan sampai membuat kita membayangkan Allah Ta’ala turun sebagaimana manusia turun dari suatu tempat ke tempat lain. Karena tentu berbeda.

Yang penting kita mengimani bahwa Allah Ta’ala turun ke langit dunia, karena yang berkata demikia n adalah Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam diberi julukan Ash shadiqul Mashduq (orang jujur yang diotentikasi kebenarannya oleh Allah), tanpa perlu mempertanyakan dan membayangkan bagaimana caranya.

Dari hadits ini jelas bahwa sepertiga malam yang akhir adalah waktu yang dianjurkan untuk memperbanyak berdoa. Lebih lagi di bulan Ramadhan, bangun di sepertiga malam akhir untuk manfaatkanlah sebaik-baiknya waktu tersebut untuk berdoa.

2. Ketika berbuka puasa

Dahsyatnyaberdoamenjelangbukapuasa

waktu berbuka puasa adalah dikabulkannya doa orang yang telah berpuasa, sebagaimana sabda  Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:

ثلاث لا ترد دعوتهم الصائم حتى يفطر والإمام العادل و المظلوم

‘”Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi” (HR. Tirmidzi no.2528, Ibnu Majah no.1752, Ibnu Hibban no.2405, dishahihkan Al Albani di Shahih At Tirmidzi)

jadi bagi yang udah tau jangan lewatkan kesempatan baik ini untuk memohon apa saja kebaikan dunia dan kebaikan akhirat.

3. Ketika malam lailatul qadar

E824

Malam lailatul qadar adalah Malam yang lebih utama dari ulan-bulan yang lain. Sebagaimana firmanAllah Ta’ala:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

Malam Lailatul Qadr lebih baik dari 1000 bulan” (QS. Al Qadr: 3)

Pada malam ini kita juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah termasuk memperbanyak doa.

قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها قال قولي اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

“Aku bertanya kepada Rasulullah: Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda: 

اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni [‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku”]”(HR. Tirmidzi, 3513, Ibnu Majah, 3119, At Tirmidzi berkata: “Hasan Shahih”)

Pada hadits ini Ummul Mu’minin ‘Aisyah Radhiallahu’anha meminta diajarkan ucapan yang sebaiknya diamalkan ketika malam Lailatul Qadar. Namun ternyata Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam mengajarkan lafadz doa.

Ini menunjukkan bahwa pada malam Lailatul Qadar dianjurkan memperbanyak doa, terutama dengan lafadz yang diajarkan tersebut.

4. Di antara adzan dan iqamah

Menyumbang masjid ahok hary tanoe

waktu yang bagus untuk berdoa yang dianjurkan adalah waktu jedanya adzan dan iqamah ini berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam:

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak” (HR. Tirmidzi, 212, ia berkata: “Hasan Shahih”)

Dengan demikian jelaslah bahwa amalan yang dianjurkan antara adzan dan iqamah adalah berdoa,  amalan-amalan tersebut dapat membatu keberhasilan usaha-usaha kita, maka jangan lupa untuk berdo’a kepada Allah SWT.

5. Ketika turun hujan

Hujan 9

Hujan merupakan rahmat dan nikmat Allah Ta’ala. senangilah ketika hujan turun dan tidak boleh mencelanya. namun walaupun begitu masih terdapat juga orang-orang merasa kesal dan marah ketika hujan turunnya hujan, padahal yang menurunkan hujan tidak lain adalah Allah Ta’ala. maka manfaatkan waktu hujan untuk berdoa memohon apa yang diinginkan kepada Allah Ta’ala:

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun” (HR Al Hakim, 2534, dishahihkan Al Albani di Shahih Al Jami’, 3078)

6. Ketika sedang sujud dalam shalat

Post 800x445

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

أقرب ما يكون العبد من ربه وهو ساجد . فأكثروا الدعا

Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim, no.482)

Demikianlah waktu-waktu yang paling cepat terkabulnya doa dan dianjurkan untuk berdoa agar memudahkan usaha-usaha kita semoga selamat dunia dan akhirat dan mudah-mudahan Allah Ta’ala mengabulkan doa-doa kita serta diterimanya amal ibadah kita semua.

Advocate

Written by Sasjara Era

Content Author