Cara Menghindari Pertengkaran Yang Wajib Untuk Diketahui

pertengkaran

Salah paham sering manyebabkan seseorang marah, hingga sampai pada pertengkaran yang besar. Padahal Islam sudah mengajarkan kepada kita untuk menjalin hubungan yang baik dan menghindari pertengkaran.

Sosial dalam Islam juga sudah diatur dengan sangat sebaik. Namun, masih saja terdapat sifat-sifat marah pada diri kita.

Nah berikut ini beberapa cara menghindari pertengkaran yang wajib untuk diketahui.

Tips cara menghindari pertengkran

Bagaiman cara menghindari Pertengkaran? Nah! oleh karena itu wajib untuk diketahui bersama.

Hindari terpancing emosi

Pertengkaran bisa terjadi kepada siapa saja, baik itu dengan pasangan sendiri, orangtua, tetangga, teman, atau saudara. Maka hadapilah dengan tenang. Hindari terpancing emosi karena ini akan memperburuk suasana.

Jika kedua belah pihak sama-sama emosi dan naik darah tak urung hubungan diantaranya atau keluarga akan rusak hanya karena tidak mampu mengendalikan diri.

Jangan Tunda, Segera Selesaikan Masalah

Jika pertengkaran sudah terjadi, maka hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan segera menyelesaikannya. Namu, kebanyakan yang terjadi adalah sebaliknya, dengan meninggalkan masalah atau lari dari masalah, dan itu merupakan cara yang salah.

Nah! Sebaiknya selesaikan segera dan beri penjelasan, dari apa yang selama ini menjadi masalahnya. Maka, perlu bagi kita untuk belajar menghindari pertengkaran.

Jangan Malu Untuk Minta Maaf

Kunci untuk mereda atau menyelesaikan permasalahan adalah kata Maaf. Jadi, jangan pernah malu untuk memintak maaf, dan juga tidak perlu menutupi kesalahan yang sudah terlanjur dilakukan.

Seseorang yang sering bertengkar dengan sesamanya, sesungguhnya ialah orang yang berakhlak jelek. Karena lebih mengutamakan nafsunya, dibanding kebaikan yang ada dalam dirinya. Rasulullah bersabda:

Tidak ada sesuatupun yang lebih berat di dalam timbangan seorang mukmin pada hari kiamat, dari akhlak yang baik. Dan sesungguhnya Allah membenci orang yang berakhlak jelek, lagi al-badzii’.” (HR. Tirmidzi, dan dia berkata, “Hadis ini hasan shahih”).

 “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka akan diampuni semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatupun, kecuali dua orang laki-laki yang terdapat permusuhan antara dia dengan saudaranya. Maka dikatakan: ‘Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai. Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai. Tangguhkan oleh kalian kedua orang ini, sampai keduanya berdamai.’”(H.R. Bukhari).

Padahal terdapat pengampunan dosa pada rasa sabar ketika terjadi pertengkaran. Jangan sampai pertengkaran menjadi dosa yang tak terampuni. 

“Tidak ada satu musibah yang menimpa setiap muslim, baik rasa capek, sakit, bingung, sedih, gangguan orang lain, resah yang mendalam, sampai duri yang menancap di badannya, kecuali Allah jadikan hal itu sebagai sebab pengampunan dosa-dosanya.” (HR. Bukhari 5641).


Demikian penjelasan terkait dengan cara menghindari pertengkaran yang wajib untuk diketahui. semoga bermafaat.

Referensi liputan6.co

Advocate

Written by Sasjara Era

Content AuthorYears Of Membership