5 Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur yang Menganggu Kesehatan Tubuh

dampak kurang tidur

Kita pasti pernah mengalami kurang tidur? Dampak kurang tidur ini bisa menganggu bagi kesehatan tubuh, kita harus tau bahwa, tidur memiliki peran yang penting bagi tubuh walaupun hanya beberapa jam saja, karena Pada saat kita tidur tubuh akan memperbaiki diri, baik kondisi fisik maupun mental, sehingga kita merasa segar dan berenergi saat bangun.

Kurang tidur jika dibiasakan dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Apa yang Terjadi Jika Kita Kurang Tidur?

Apabila hal tersebut dibiarkan terjadi terus-menerus, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan dan banyak menimbulkan berbagai masalah.

1. Diabetes melitus tipe 2

dampak kurang tidur

Kurang tidur terkait dengan risiko penyakit diabetes melitus tipe 2. Penelitian menunjukkan bahwa, kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit ini karena mempengaruhi kerja glukosa dalam tubuh.

Penelitian yang melakukan pengurangan waktu tidur, pada orang sehat dari 8 jam menjadi hanya 4 jam per malam. Menunjukkan bahwa tubuh mereka mengolah glukosa lebih lama, jika mereka tidur selama 12 jam. Selama tidur, tubuh tetap mengolah glukosa untuk menjaga kadar gula darah

2 Obesitas

dampak kurang tidur

Kurang tidur juga dapat meningkatnya rasa lapar dan nafsu makan, sehingga menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas.

Saat tidur, tubuh memproduksi hormon yang membantu mengontrol nafsu makan, metabolisme energi, dan pengolahan glukosa. Tidur yang kurang membuat kerja hormon tersebut dan hormon lainnya terganggu.

3.Gangguan mood

Shutterstock 369854870

Penelitian yang dilakukan pada 10.000 orang menunjukkan bahwa, orang dengan insomnia lima kali lebih mungkin, untuk menjadi depresi daripada mereka yang tidak.

Penelitian lain melaporkan bahwa orang yang tidur 4,5 jam per malam menunjukkan perasaan yang lebih stres, sedih, marah, dan kelelahan mental.

kurang tidur malam, dapat menyebabkan mudah tersinggung dan murung pada keesokan harinya. Bagi kalian yang sering bergadang malam, kurangilah dari sekarang, sebelum terjadi berbagai tambahan masalah.

4. Menjadi Pelupa

Laki laki pelupa thebodyisnotanapology

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, kegunaan dari tidur salah satunya untuk mengonsolidasikan hal-hal yang kita pelajari di otak. Oleh sebab itu, mereka yang kurang waktu untuk tidur akan mudah untuk melupakan informasi yang sudah diterima. Untuk itu, tidurlah jika Anda tidak ingin mudah menjadi pelupa.

5. Mempercepat penuaan dini

C15 fb510d485cb08d6f7345e5fe0df8baac 600x400

Jika kurang tidur terjadi terus-menerus, maka kulit akan menjadi kusam, timbul kerutan halus, kulit pucat, mata bengkak dan terdapat lingkaran hitam di bawah mata.

Hal ini terjadi akibat meningkatnya produksi hormon kortisol pada orang yang kurang tidur. Hormon kortisol yang berlebihan dapat menghancurkan kolagen, yang berfungsi menghaluskan dan menjaga elastisitas kulit.

Nah, itulah kondisi yang bisa terjadi akibat kurang tidur atau sering bergadang, meski terdengar sepele, kurang tidur yang dibiarkan terus menerus dalam jangka panjang, akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Maka, mulailah istirahat yang cukup dari sekarang.

Semoga bermafaat, referensi Alodokter.com

Contributor

Written by Sasjara Era

Content AuthorYears Of Membership