Pola Hidup Sehat Sepanjang Umur Lakukan 5 Cara Ini

Empat pola hidup sehat ala rasulullah

Semua orang ingin hidup sehat baik secara fisik dan mental. namun seiring dengan berkembangnya zaman dan kesibukan membuat kita lupa untuk mengatur pola hidup sehat. Padahal hidup sehat dan bahagia adalah kunci panjang umur.

Artinya, semakin bahagia seseorang, maka besar pula kemungkinanya orang tersebut hidup lebih lama. kita bisa lakukan 5 cara berikut ini.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Pola makan sehat

Makanan bergizi merupakan salah satu faktor terpenting untuk hidup sehat. Kita dapat mengganti makanan dengan mengonsumsi makanan yang penuh gizi seperti rendah gula, kaya serat, dan banyak vitamin. Makanan penuh gizi sangat membantu tubuh kita lebih sehat. Hindarilah makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh.

2. Hindari Stres

Xdampak stres.jpg.pagespeed.ic.rpml7gsv4m

Berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat kita stres. Mungkin berhenti sejenak dari aktivitas yang sedang kita kerjakan adalah hal wajar. Ketika kita sedang merasa cemas atau tertekan, cobalah sebisa mungkin untuk menepi sebentar di tempat yang sepi. Tenangkan diri kita sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

3. Perbanyak Olahraga

1072449991

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan hidup kita. Olahraga juga dapat membantu kita untuk menjalani pola hidup sehat. Kita juga bisa menggunakan hobi sebagai olahraga mingguan yang asyik. Contohnya aerobik, zumba, futsal, basket, bersepeda, berenang, tenis meja, dan masih banyak lagi. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat kita lakukan bersama keluarga dan kerabat agar terasa lebih menyenangkan.

4. Banyak minum air putih

Minum air putih

Setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali kita bernapas. Inilah sebabnya, penting bagi kita untuk banyak minum air putih karena kebutuhan cairan dalam tubuh kita harus terpenuhi setiap hari.

5.  Istirahat Yang Cukup

Tidur

Istirahat yang cukup merupakan bagian yang terpenting untuk menjalani hidup sehat. Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. 

National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung. Sesibuk apapun kamu, usahakan untuk selalu beristirahat dan tidur dengan cukup.

Menjaga kesehatan adalah kewajiban setiap orang. Dengan mengatur pola hidup dengn baik hiduppun akan terasa awet muda dan bahagia. Semoga bermafaat.

Advocate

Written by Sasjara Era

Content Author